Kamis, 24 November 2011

Jangan marah Dodo...

“Pada kemana nih? Kok belum datang?” Tanya Diah pada diri sendiri.
Diah berniat ke Grade C. Mau nyamperin Ayu, Dina dan Rani. Tapi tiba-tiba ada yang memanggilnya dari luar.
“DEPEEEE!!” teriak Ayu dari luar kelas.
Diah girang melihat Ayu. Dia teringat akan puisi yang baru ia buat di “buku karyanya”.
“Ayu.. Ayu.. sini deh! Aku udah bikin puisi baru buat isi blog. Judulnya ‘Cinta Penghapus R&B’. Mau ngeliat gak?” ajak Diah bersemangat.
“R&B? Siapa?” Tanya Ayu bingung.
“Itu loh… Masak gak tau sih?” Tanya Diah gak sabaran.
“Oh itu! Yang bener lo.” Ucap Ayu setelah sadar siapa yang di bicarakan.
Mereka berdua lalu ke bangku Diah. Mengambil buku rusak yang katanya sih “buku karya”.
“HAHAHAHAH…. Parah lu,yah! Parah banget!” komentar Ayu setelah membaca puisinya Diah. Masih dengan ketawa dia melanjutkan,”Kalo Imam dan Rohmah sih mending. Kalo Rani dan Bisma… hahahaha”
“Tapi lucu kan, yu?”Tanya Diah tertarik.
“Koplak.. lucu.. lucu banget. Yakin lo mau nunjukin ke Rani? Meledak nanti dia.” Tanya Ayu balik. Senyumnya belum hilang.
“Enggak lah. Kan nanti namanya gua samarin. Udah gitu gua promosiin juga blog dia di blog gua.” Jawab Diah enteng.
Ayu lalu pergi. Nyamperin temannya buat nanya materi agama. Karena sendirian, Diah lalu ke Grade E. Mau nyamperin Ratih.
****
Bel tanda masuk berbunyi. Dengan cepat Diah menuju ke Grade A. Takut terlambat. Tapi, baru sampai di depan pintu tiba-tiba ada yang mukulinnya pake buku.
“Aduh… aduh… sakit tau. “ rintih Diah seraya menghindar dari hujan buku.
“DIAHHH!! Lo nulis puisi apa tentang gua?” Tanya seorang pemukul. Namanya Rani.
“Lu juga nulis apaan Depe tentang gua? Masak sama Uchi sih?” Tanya pemukul satunya, Dodo.
Mereka lalu lanjutin mukulin Diah. Karena gak mau kesakitan, langsung aja Diah duduk di lantai. Dorong-dorong kaki Dodo dan Rani yang mencoba mendekat. Bunga Mentari sampai bingung ngeliatnya. Yang lain terlihat cuek dan gak peduli. Tapi, Ayu dan Vina malah cekikikan melihat adegan ‘penganiayaan’ ini.
“Udah.. udah! Berhenti dong! Nanti gua kasih liat deh puisinya.” Ucap Diah begitu melihat guru-guru PM memasuki kelas. Tanpa basa-basi, Diah langsung kabur ke bangkunya. Tapi dengan deathglare dari Rani dan Dodo.
****
PM selesai. IPA emang selau suah buat Diah. Apalagi Fisika. Buset dah! Bejibun rumusnya. Sesampainya di kelas. Diah langsung di berondong pertanyaan sama Rani.
“Mana yah puisinya? Sini gua mau liat!” pinta Rani.
Diah mencari buku PM-nya. Gak ada. ‘Mungkin ketinggalan di 91’ begitu pikirnya. Diah lalu ke kelas 91. Mengambilnya dengan cepat. Setelah itu menyerahkannya ke Rani. Tapi sayangnya keburu di rebut sama Dina. Di bacanya puisi itu keras keras:
Cinta Penghapus R&B (Rina dan Bima)
Konyol, satu kata yang tepat buat kita
Rasa suka yang tumbuh begitu saja
Antara kita…
Rina dan Bima…
Andai engkau mau mengakui
Rasa sukamu padaku ini
Tak apalah…
Lewat penghapus kita berkomunikasi
Tatapan matamu buatku terpantri
Ucap “thanks”-mu luluhkan hati
Biarpun rasa sebal tetap menghinggapi
Kau pakai penghapus yang baru ku beli
Tapi, ku buang jauh-jauh pikiran itu
Ku bulatkan tekad untuk meminjamimu
Walau kadang di marahi guru
Di anggap tak modal sama teman sebangku
Kami semua tertawa mendengar puisi itu. Rani tidak. Mukanya bersemu merah karenc malu. Kok malu. Berarti bener dong, ran?
Diah melirik Dodo yang lagi asyik baca novel bersampul pink. Diah bingung melihat Dodo yang terlihat cuek. ‘Bukannya tadi dia penasaran banget sama puisi tentang dia dan Uchi?’ pikir Diah.
Diah mencoba cuek dan enggak ambil pusing. Diah lau main bareng sama yang lain. Main tebak-tebakan, adu jempol, sidolasi dan banyak lainnya. Maklum, guru lagi pada kompakan gak masuk. Jadi kesempatan deh buat anak-anak main di kelas.
****
Setelah bermain, yang lain malah pada asyik cerita-cerita tentang korea. Suju, Shinee, Siwon dan banyak deh pokoknya. Diah yang gak ngerti lama-lama jadi bosan. Lalu, Diah nyamperin Dodo yang masih asyik baca. Biasanya sih Dodo gak nolak kalo di ajak ngobrol tentang Harry Potter.
“Lagi baca apaan sih, do?” Tanya Diah. Matanya berair karena ngantuk.
Tak ada jawaban.
Sekali lagi Diah nanya. Kali ini dengan lebih kencang.
“LAGI BACA APAAN SIH, DO?”
Dodo sama sekali gak jawab. Dia malah balik badan membelakangi Diah. Diah kesal di kacangin dan akhirnya membentak,”DODO, LU KENAPA SIH? MARAH SAMA GUA?”
Tetap tak ada jawaban.
Mencoba bersabar Diah nanya lagi dengan suara yang halus.
“Dodo, lu marah ya sama gua?”
Kali ini Dodo bereaksi. Matanya menyipit marah. “Apaan sih lo! Pergi sono!!” katanya. Suaranya gak begitu kencang. Tapi, cukup mengagetkan Diah.
Mendengar ucapan Dodo, Diah langsung pergi. Dina dan kawan-kawan ternyata mendengar percakapan mereka. Setelah sampai di bangku, Dina langsung nanya,”Kenapa yah? Marah sama lu?”
Diah hanya mengendikkan bahu sebagai jawabannya.
“Mungkin gara-gara puisi lu, yah.” Celetuk Rani.
Dich langsung teringat puisi-puisinya. ‘Apa iya ya si Dodo marah gara-gara puisi?’ Tanya Diah dalm hati.
Diah lalu nyamperin Dodo lagi. Mau mengklarifikasi masalahnya. Kan gak enak juga berantem lama-lama sama teman.
Diah gak duduk di bangku. Tapi, jongkok di samping Dodo.
“Do… lu marah ya sama gua? Gara-gara puisi ya?” ucap Diah.
“Lagian lu sih ngapain bikin puisi tentang gua sama Uchi. Kan gua gak da apa-apa sama dia.” Jawab Dodo sarkatis.
“kan gua cuma iseng,do. Lagian kan bukan lu doang korbanya.” Kata Diah.
“Tetep aja gua gak mau di jodoh-jodohin sama Susi.” Kata Dodo masih ketus.
“Ya-yaudah.. Gua minta maaf deh.” Ucap Diah kikuk. Baru pertama kali Diah minta maaf serius sama temanya.
Dodo diam.
Karena gak sabar, Diah langsung berdiri lalu berkata,”kalo lu masih marah, gua hapus dah tuh puisi dari blog.”
Diah bergegas kembali ke tempat duduknya. Tapi bajunya keburu di tarik sama Dodo.
“Eits.. eits… gak usah… gak usah! Gua gak marah kok. Cuma bercanda. Tapi gua mau liat dong puisinya. Gua kan taunya dari Vina.” Ucap Dodo tiba-tiba.
Diah yang gak percaya sama pendengarannya lalu nanya,” Benar, Do? Lu gak marah sama gua?”
“Enggak!!” jawabnya sambil geleng-geleng.
Langsung aja Diah ngambil buku karyanya. Menunjukan puisi ‘Uchi, I luph U’ ke Dodo. Di bacanya tulisan:
Uchi, I luph U’
Belum setahun kita bertemu
Memandang intens raut wajahmu
Senyum sumringah bibir mungilmu
Terpantri kokoh di raut wajahmu

Uchi...
Jilbab manambah pesonamu
Baju muslim menambah keanggunanmu
Ingin terus aku memandangmu

Uchi..
Tataplah DODO-mu ini
Yang pesonanya kayak Robert Pattinson
Yang mukanya cubby kayak Tom Felton

Ingatlah, Uchi..
Kau laksana sebuah obat
Menyembuhkanku yang sedang sekarat
Di dekatmu aku merasa sangat terawat

Melihatmu dengan dia
Dunia runtuh beserta isinya
Inginku memberimu pengingat
Menganggapku lebih dari sekedar sahabat
“sialan lu.. lebai banget bikinya.” Komentar Dodo setelah baca puisinya.
“Biarin… kan kayak lo. LEBAI.” Kata Diah setengah tertawa.
“Pokoknya lu harus bikini puisi buat Ayu yang lebih parah dari ini. Awas lu kalo enggak!” pinta Dodo sedikit mengancam.
“SIIP..” kata Diah menunjukan kedua jempol tangannya.
Ternyata Dodo marah gara-gara Ayu gak di bikinin puisi juga. Emang aneh tuh si Dodo. Musuhin orang seenak jidat aja. Akhirnya, Diah bikin puisi tentang Ayu dan Hanza. Yang sukses mendapat gelak tawa dari Dodo. Ayu sama Diah sih gak menganggap puisinya penting. Tapi biarlah. Biar Dodo senang. Daripada Trio Harry Potter bubar. Kan gak lucu.
-selesai-
****


karya: goldensnake97@yahoo.com

Tidak ada komentar: